Do’a Agar Diberi Kesehatan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar memiliki tubuh yang sehat. Beberapa di antaranya ialah makan-makanan yang bergizi, memiliki jam tidur yang teratur, menghindari stress dan rajin berolahraga.

Nah, ternyata untuk bisa mendapatkan badan yang sehat, tidak hanya bisa dilakukan dengan bebeberapa ikhtiar tersebut. Namun, Anda juga bisa memanjatkan do’a agar diberi kesehatan.

Do’a tersebut menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit serta menyembuhkan penyakit yang sedang diderita. Lalu, bagaimana bacaan do’anya? Berikut akan dibahas tentang bacaan do’a agar diberi kesehatan serta tips ala Rasulullah SAW dalam menjaga kesehatan.

Do’a Agar Diberi Kesehatan, Kesembuhan dan Keselamatan

Di bawah ini adalah lafadz do’a yang tidak hanya akan diberi kesehatan, namun ada pula do’a agar dilindungi dari berbagai kejahatan.

Do’a Memohon Diberi Kesejahteraan dan Terlindung dari Wabah Penyakit

Pertama ada do’a yang bisa dipanjatkan untuk memohon kesejahteraan serta dilindungi dari wabah penyakit. Seperti yang diketahui, bahwa saat ini sedang terjadi pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia.

Agar terhindar dari penyakit tersebut, Anda bisa menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan dan rutin membersihkan diri. Selain itu, Anda juga bisa memohon kepada Allah SWT agar terhindar dari penyakit ini, dengan membaca do’a berikut:

Allahumma inni wa a’udzubika min zawali ni’matika, wa thahawwuli a’fiyatika, wa faja’ati niqmatika, wa jami’I sakhatika.

Artinya: “Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat-Mu dan hilangnya kesehatan dari-Mu dan datangnya kutukan-Mu secara tiba-tiba dan dari segala kemarahan-Mu.” (HR. Bukhari Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi).

Do’a Memohon Kesembuhan Supaya Terhindar dari Penyakit

Berikutnya ada do’a agar diberi kesehatan supaya Anda terhindar dari berbagai macam penyakit. Lafadz do’anya ialah sebagai berikut:

Allahumma rabba nnasi mudzhibal baasisydi ‘antassya fill laa sy fiya illa anta syifaa ‘an laa yufa’a.

Artinya: “Ya Allah, peliharalah menusia! Hapus penyakitnya, sembuhkan penyakitnya. Kaulah yang menyembuhkan. Tidak ada obat kecuali obat-Mu. Berilah kami obat yang tidak meninggalkan penyakit.

Do’a Memohon Perlindungan Supaya Dijauhkan dari Kejahatan

Kejahatan bisa terjadi di mana saja. Oleh karena itu, agar terhindar dari kejahatan dan selalu dilindungi oleh Allah SWT, Anda bisa membaca do’a agar terhindar dari kejahatan berikut ini:

A’uudzu bi’izzatillaahi wa qudrati min sharri ma ajidu wa uhaaziru.

Artinya: “Saya mencari perlindungan dalam kekuatan Allah dan kekuatan-Nya dari kejahatan apa yang saya alami dan yang saya takuti.”

Do’a Agar Terbebas dari Berbagai Macam Penyakit

Do’a yang satu ini tak hanya bisa membebaskan Anda dari berbagai macam penyakit, namun juga bisa membuat Anda senantiasa sehat. Untuk bacaan do’anya ialah sebagai berikut:

Allahumma ghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa’aafinii, warzuqnii.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berikanlah petunjuk kepadaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit) dan berikanlah rezeki kepadaku.” (HR. Muslim).

Do’a Memohon Supaya Semua Anggota Keluarga Diberi Kesehatan

Anda tidak hanya meminta do’a agar diberi kesehatan untuk diri sendiri saja. Namun, Anda juga bisa memanjatkan do’a supaya diberikan kesehatan jasmani dan rohani untuk semua anggota keluarga.

Di bawah ini adalah lafadz do’a yang bisa Anda panjatkan untuk meminta kesehatan bagi semua anggota keluarga kepada Allah Ta’ala.

Allahumma innii as alukal ‘aafiyata fiddunya wal aakhirati. Allahumma as alukal ‘afwa wal ‘aafiyata diinii wa dunyaa wa ahlii wamaa lii.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu sehat wal ‘afiyat di dunia dan di akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu maaf dan sehat wal ‘afiyat pada agamaku dan duniaku dan keluargaku dan harta bendaku.”

Do’a Agar Selalu Diberi Kesehatan dan Selalu dalam Lindungan-Nya

Agar terhindar dari berbagai macam mala bahaya dan petaka, Allah telah menganjurkan kita untuk berdo’a dan memohon kepada-Nya.

Do’a ini merupakan do’a yang bisa dibaca untuk meminta kesehatan dan juga perlindungan Allah SWT dalam berbagai hal.

Allahumm inna nas alukal afwa wal adiyata wal mu’aafaatad daa’imata fiid dunyaa wal ‘aakhirati wal fauzu bil jannati wannajaati minan naari.

Artinya: “Ya Allah, kami mohon ampunan, kesehatan dan perlindungan yang terus menerus di dunia dan di akhirat, kemenangan masuk surga dan keselamatan dari api neraka.”

Tips Menjaga Kesehatan Ala Rasulullah SAW

Selain harus rutin membaca do’a agar diberi kesehatan, Anda juga harus berikhtiar dengan menjaga kesehatan.

Nah, Rasulullah SAW sendiri telah mengajarkan kepada para umatnya untuk senantiasa menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Berikut tips ala Rasulullah SAW yang bisa Anda ikuti untuk menjaga kesehatan.

  • Makan Makanan Halal

Dalam surat An-Nahl ayat 114, Allah SWT berfirman yang artinya:

“Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah.”

Allah SWT sendiri telah melarang umat-Nya untuk mengkonsumsi berbagai macam makanan haram seperti minuman alkohol, daging babi dan lainnya. Hal tersebut karena beberapa makanan itu mendatangkan mudhorot.

  • Tidak Begadang

Kebanyakan orang saat ini lebih suka begadang ketimbang tidur di awal malam. Padahal, begadang memiliki banyak sekali dampat negative bagi kesehatan tubuh, salah satunya bisa menyebabkan salah satu penyakit kronis yang mematikan yaitu serangan jantung.

Rasulullah SAW juga sangat jarang begadang, serta lebih memilih tidur di awal malam, yakni setelah sholat isya’ agar bisa bangun di sepertiga malam terakhir untuk melaksanakan tahajud.

  • Bekam

Berdasarkan hadits dari Said bin Jubir dari Ibn Abbas RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Kesembuhan dapat diperoleh melalui tiga cara: pertama dengan meminum madu (obat herbal), dengan berbekam, hijamah, dan terapi besi panas. Dan aku tidak menganjurkan umatku untuk melakukan pengobatan dengan besi panas.” (HR. Bukhari).

  • Tidak Mudah Marah

Selain bisa menjadi amalan untuk masuk ke dalam surga, ternyata tidak mudah marah memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Terlalu sering marah justru akan mendatangkan berbagai macam penyakit kronis yang mematikan seperti stroke, darah tinggi dan serangan jantung.

Jika Anda mudah marah, Anda bisa membaca do’a ketika marah agar kemarahan Anda segera reda.

  • Mengkonsumsi Obat Herbal

Allah SWT telah menciptakan makanan yang bisa dijadikan sebagai obat herbal. Beberapa diantaranya ialah kurma, madu dan habatussauda.

  • Rutin Berolahraga

Berolahraga akan membuat sistem metbaolisme tubuh menjadi lebih baik. Nabi SAW mensunnahkan beberapa jenis olahraga sepeerti berenang, berkuda dan memanah.

“Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda).” (HR. Muslim).

  • Rajin Berpuasa

Jika dilihat dari sisi medis, puasa memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Hal ini karena pada saat berpuasa organ pencernaan akan menghentikan aktivitasnya. Dengan begitu, sistem pencernaan bisa menjadi lebih baik.

Selain puasa ramadhan, Rasulullah SAW juga melaksanakan puasa sunnah seperti puasa Senin Kamis.

Setiap orang pastinya ingin memiliki tubuh yang sehat dan juga bugar. Nah, Anda bisa mengikuti tips sehat ala Rasulullah SAW yang sangat mudah untuk dilakukan.

Selain itu, rutinlah baca do’a agar diberi kesehatan supaya Allah senantiasa memberikan keberkahan dan perlindungan dari berbagai mara bahaya.

Tinggalkan komentar