Do’a Dimudahkan Jodoh

Sebelum diciptakan bumi dan alam semesta ini, terlebih dahulu Allah SWT telah menuliskan takdir setiap orang. Jadi, tentang jodoh, rezeki dan maut semuanya sudah di atur oleh Allah SWT.

Meski demikian, sebagai manusia kita senantiasa berikhtiar untuk mendapatkan jodoh yang terbaik yang bisa membawa ke surga-Nya.

Dalam Islam, untuk bisa dimudahkan mendapatkan jodoh yang terbaik, ada beberapa amalan yang bisa dilakukan. Salah satunya ialah dengan membaca do’a dimudahkan jodoh.

Do’a-do’a tersebut ternyata sudah diriwayatkan dalam Al-Qur’an yang bisa langsung Anda baca dan diamalkan.

Perintah Allah SWT dan Rasul-Nya untuk Mencari Jodoh Terbaik

Jodoh merupakan takdir yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Namun, hal tersebut juga tetap membutuhkan sebuah ikhtiar agar bisa mendapatkan jodoh yang diridhoi oleh Allah SWT. Berikut adalah firman Allah SWT untuk para hamba-Nya agar mencari jodoh yang terbaik.

اَلْخَبِيْثٰتُ لِلْخَبِيْثِيْنَ وَالْخَبِيْثُوْنَ لِلْخَبِيْثٰتِۚ وَالطَّيِّبٰتُ لِلطَّيِّبِيْنَ وَالطَّيِّبُوْنَ لِلطَّيِّبٰتِۚ اُولٰۤىِٕكَ مُبَرَّءُوْنَ مِمَّا يَقُوْلُوْنَۗ لَهُمْ مَّغْفِرَةٌ وَّرِزْقٌ كَرِيْمٌ ࣖ – ٢٦

Artinya: “Perempuan-perempuan yang keji untuk laki-kali yang keji, dan laki-laki yang keji untuk perempuan-perempuan yang keji (pula). Sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yag baik untuk perempuan-perempuan yang baik (pula). mereka itu bersih dari apa yang dituduhkan orang. Mereka memperolah ampunan dan rezeki yang mulia (surga). (QS. An Nur ayat 26).

Selain itu, ada pula hadits yang menjelaskan tentang jodoh. Seperti hadits yang diriwatkan oleh Muslim berikut ini.

تنكح المرأة لأربع: لمالها ولحسبها وجمالها ولدينها، فاظفر بذات الدين تربت يداك

Artinya: “Wanita biasanya dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya, dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih karena agamanya (keislamannya), sebab kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi.” (HR. Muslim)

Do’a Agar Dimudahkan Mendapatkan Jodoh

Setidaknya ada 5 ayat di Al-Qur’an yang bisa dijadikan sebagai do’a untuk mendapatkan jodoh. Berikut ini adalah ayat-ayatnya.

  • Surat Al-Qasas Ayat 24

رَبِّ إِنِّيْ لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرِ فَقِيْ

Rabbi innii lima anzalta min khoirin faqiir.

Artinya: “Ya Tuhanku, sesugguhnya aku sangat memerlukan suatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.”

  • Surat Al-Furqan Ayat 74

رَبَّنَا هَبْلَنَا مِنْ أَزْوَاجِنِا وَ ذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ

Rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa zurriyyatinaa qurrota a’yun.

Artinya:” “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati.”

  • Surat Al-Anbiya Ayat 89

رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَ أَنْتَ خَيْرُ الْوَارِثِيْنَ 

Rabbi laa tazarnii fardaw wa anta khairul waarisiin.

Artinya: “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik.

  • Do’a Dimudahkan Jodoh untuk Perempuan

Jika Anda seorang perempuan, maka ada do’a dimudahkan jodoh yang bisa dibaca setiap selesai sholat untuk bisa mendapatkan lelaki yang sholeh.

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة

Rabbi hablii milladunka zaujan thoyyiban, wayakuuna shoohiban, lii fiddiini waddunya wal aakhiroh.

Artinya: “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.”

  • Do’a Dimudahkan Jodoh untuk Laki-Laki

Bagi Anda para laki-kali, ada pula do’a khusus yang bisa dipanjatkan untuk mendapatkan wanita sholehah sebagai pendamping hidup, yang tidak hanya di dunia namun juga di surga.

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya: “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.”

Baca Juga : Do’a Ketika Mimpi Buruk

Tips Memilih Jodoh ala Nabi Muhammad SAW

Selain membaca do’a dimudahkan jodoh, Anda juga harus melakukan beberapa tips yang dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk bisa mendapatkan jodoh yang terbaik. Berikut tips-tips yang bisa dilakukan:

Beragama Islam

Allah SWT melarang umat-Nya menikah dengan orang yang memiliki kepercayaan berbeda. Hal ini sudah dijelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 221.

وَلَا تَنْكِحُوا الْمُشْرِكتِ حَتّى يُؤْمِنَّ وَلَاَمَةٌ مُّؤْمِنَةٌ خَيْرٌ مِّنْ مُّشْرِكَةٍ وَّلَوْ اَعْجَبَتْكُمْ وَلَا تُنْكِحُوا الْمُشْرِكِيْنَ حَتّى يُؤْمِنُوْا وَلَعَبْدٌ مُّؤْمِنٌ خَيْرٌ مِّنْ مُّشْرِكٍ وَّلَوْ اَعْجَبَكُمْ اُولىِكَ يَدْعُوْنَ اِلَى النَّارِ  وَاللّهُ يَدْعُوْا اِلَى الْجَنَّةِ وَالْمَغْفِرَةِ بِاِذْنِه وَيُبَيِّنُ ايتِه لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُوْنَ ࣖ – ٢٢١

Artinya: “Dan janganlah kamu nikahi perempuan musyrik, sebelum mereka beriman. Sungguh, hamba sahaya perempuan yang beriman lebih baik daripada perempuan musyrik meskipun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu nikahkan orang (laki-laki) musyrik (dengan perempuan yang beriman) sebelum mereka beriman. Sungguh, hamba sahaya laki-laki yang beriman lebih baik daripada laki-laki musyrik meskipun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedangkan Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. (Allah) menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia agar mereka mengambil pelajaran.” (QS. Al-Baqarah Ayat 221).

Mencari Jodoh yang Masih Lajang

Carilah laki-laki atau perempuan yang masih lajang, yakni yang belum terikat dengan tali pernikahan.

مَنْ أَرَادَ أَنْ يَلْقَى اللَّهَ طَاهِرًا مُطَهَّرًا فَلْيَتَزَوَّجْ الْحَرَائِرَ

Artinya: “Barang siapa yang mau menghendaki Allah dalam keadaan suci dan disucikan, maka hendaklah dia mengawini wanita merdeka.” (HR. Ibnu Majah).

Carilah yang Subur

Mencari jodoh yang subur merupakan saran dari Rasulullah SAW. Hal ini sudah dijelaskan dalam sebuah hadits berikut:

تزوجوا الودود الولود فاني مكاثر بكم الأمم

Artinya: “Nikahilah wanita yang penyayang dan subur. Karena aku berbangga dengan banyaknya umatku.” (HR. Abu dawud).

Mencari yang Sholeh dan Sholehah

Jodoh yang sholeh dan sholehah akan menghindarkan Anda untuk melakukan perbuatan yang dilarang oleh Alkah SWT.

الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَاالْمَرْأَةُ الصَّالِحَة

Artinya: “Dunia adalah hiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita sholehah.” 9HR. Muslim).

Memiliki Kepribadian Lembut

Setiap orang pasti ingin diperhatikan oleh pasangannya. Oleh karena itu, carilah seseorang yang memiliki kepribadian lembut.

Pasangan dengan kepribadian ini akan lebih mudah menahan amarahnya sehingga nantinya bisa tercipta keluarga yang sakinah mawaddah wa rohmah.

Bertanggung Jawab

Carilah pasangan yang bertanggung jawab dengan tugasnya sebagai pasangan suami istri. Yakni, suami mencari nafkah dan membimbing keluarga ke jalan-Nya, dan tugas istri merawat keluarga.

Memiliki pasangan yang menyenangkan hati memang menjadi dambaan bagi siapa saja. Untuk bisa mendapatkan pasangan yang sholeh atau sholehah, tentunya Anda harus rutin membaca dan mengamalkan do’a dimudahkan jodoh di atas.

Jika sudah berkeluarga dan memiliki anak, bacalah do’a untuk anak agar anak senantiasa mendapatkan berkah dan dilindungi oleh Allah SWT.

Tinggalkan komentar