Do’a Keluar dan Masuk Masjid

Sebagai umat Islam, maka sangat wajib untuk memakmurkan masjid yang merupakan rumah Allah SWT. Saat memasuki masjid, ada beberapa adab yang harus dilakukan. Salah satunya ialah dengan membaca do’a keluar dan masuk masjid.

Bagi Anda yang belum hafal do’a tersebut, di bawah ini akan dijelaskan tentang do’a yang bisa dibaca pada saat masuk dan keluar masjid dengan menggunakan huruf arab dan juga latin.

Tak hanya itu, akan dibahas pula tentang beberapa adab yang harus dilakukan saat di dalam masjid. Masjid merupakan tempat yang suci, jadi ketika memasukinya ada beberapa adab yang harus Anda lakukan saat berada di rumah Allah.

Do’a Keluar dan Masuk Masjid

Do’a Masuk Masjid

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Allahumma tahlii abwaaba rohmatik.

Artinya: “Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu.”

Setelah Anda membaca do’a tersebut, maka disunnahkan untuk masuk ke dalam masjid mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu.

Apabila urusan di dalam masjid seperti sholat, tadarus, menghadiri majelis taklim atau yang lainnya telah usai, maka jika akan keluar masjid maka bacalah do’a keluar masjid.

Do’a Keluar Masjid

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Allahumma innii asaluka min fadlik.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamana dari-Mu.”

Nah, saat keluar dari masjid, maka jangan lupa untuk mendahulukan kaki kiri terlebih dahulu.

Kedua do’a di atas ternyata sudah diriwayatkan dalam sebuah hadits berikut ini:

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ. وَإِذَا خَرَجَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Artinya: “Jika salah seorang di antara kalian memasuki masjid, maka ucapkanlah. “Allahummaf tahlii abwaaba rahmatik” (Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu), jika keluar dari masjid, ucapkanlah, “Allahumma inni as aluka min fadhlik” (Ya Allah, aku memohon pada-Mu di antara karunia-Mu).” (HR. Muslim 713)

Adab Saat Berada Di Dalam Masjid

Masjid merupakan tempat suci yang digunakan untuk beribadah. Oleh karena itu, ada beberapa adab yang harus Anda lakukan saat berada di dalam masjid.

Selain harus masuk dengan melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu dan keluar melangkahkan kaki kiri, serta membaca do’a, ada beberapa adab yang harus dilakukan.

Datang dengan Tenang

Masjid adalah tempat beribadah kepada Allah SWT. Oleh karena itu, disunnahkan untuk memasuki masjid dalam keadaan yang tenang serta tidak tergesa-gesa.

Datang ke masjid dalam keadaan tenang sudah dijelaskan oleh Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As’Sa’di rahimahullah di dalam Manjhajus Salikin.

Selain itu, umat muslim juga bisa membaca do’a keluar rumah yaitu:

باسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ على اللَّهِ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ باللَّهِ

Bismillahi tawakkaltu ‘alallaahi wa laa haula wa laa quwwata illaa billah.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah. Aku bertawakal kepada Allah, dan tiada daya serta kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah.”

Sudah Dalam Keadaan Berwudhu

Adab kedua yang disunnahkan pada saat memasuki masjid ialah sudah dalam keadaan berwudhu. Hal ini sesuai dengan yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Hal tersebut sudah dijelaskan pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, beliau meriwayatkan bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

“Siapapun yang memulai dari rumahnya menuju suatu masjid dengan mengambil wudhu akan mendapat pahala yang setara dengan pahala seseorang yang meninggalkan rumahnya dengan ihram untuk haji.”

“Siapapun yang telah mempunyai wudhu kemudian meninggalkan rumahnya menuju masjid untuk sholat, akan mendapatkan pahala setara dengan umrah.” (HR. Muslim).

Membaca Do’a Masuk dan Keluar Masjid

Nah, jangan lupa untuk membaca do’a keluar dan masuk masjid yang sudah dijelaskan di atas. Do’a-do’a tersebut sangat singkat dan mudah untuk dihafalkan.

Jangan lupa pula, langkahkah kaki kanan terlebih dahulu saat akan masuk ke masjid, kemudian membaca do’anya.

Demikian ketika Anda akan keluar masjid, langkahkah kaki kiri terlebih dahulu. Bersamaan dengan itu, bacalah do’a keluar masjid.

Melaksanakan Sholat Sunnah Tahiyyatul Masjid

Jangan lupa pula, setelah masuk ke dalam masjid untuk segera melaksanakan sholat sunnah tahiyatul masjid. Sholat sunnah ini dilaksanakan sebelum Anda duduk di dalam masjid.

Sholat tersebut hanya dilakukan sebanyak dua rakaat saja. Penjelasan dari pelaksanaan sholat sunnah tahiyyatul masjid ialah dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, yaitu:

“Jika salah seorang di antara kalian masuk masjid, maka janganlah duduk sampai melakukan sholat dua rakaat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Setelah selesai melaksanakan sholat sunnah ini, maka Anda bisa melaksanakan sholat sunnah lain seperti sholat tarawih atau sholat wajib.

Banyak Berdzikir dan Membaca Kitab Suci Al-Qur’an

Masjid merupakan tempat yang suci dan alangkah baiknya tidak digunakan untuk melakukan hal yang mengundang dosa dan kurang bermanfaat.

Salah satunya ialah bergosip atau menggunjing orang lain ataupun bercanda di dalam masjid sembari menunggu waktu sholat wajib.

Alangkah baiknya jika Anda melakukan I’tikaf di dalam masjid. Sembari menghadap kiblat, banyak-banyaklah membaca dzikir, membaca Al-Qur’an atau berdoa kepada Allah SWT.

Adab-adab di atas disunnahkan untuk dilaksanakan saat Anda berada di dalam masjid. Di dalam masjid, orang-orang akan melaksanakan ibadah dan berdo’a kepada Allah SWT. Oleh karena itu, mengikuti adab-adabnya merupakan hal yang baik untuk dilakukan.

Masjid merupakan negeri yang paling dicintai oleh Allah SWT. Jadi, Anda harus membaca do’a keluar dan masuk masjid. Sama halnya ketika Anda memasuki rumah orang lain, Anda mengucapkan salam terlebih dahulu bukan?

Tentunya, tidak sopan jika Anda masuk ke rumah Allah tanpa membaca salam dan mengucapkan do’a terlebih dahulu.

Sesuai dengan hadits yang diriwatkan oleh Muslim, dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda,

“Bagian negeri yang paling Allah cintai adalah masjid-masjidnya dan bagian negeri yang paling Allah benci adalah pasar-pasarnya.” (HR. Muslim dalam Kitab al-Masajid wa Mawadhi’ as-Shalah).

Selain itu, jika Anda rajin ke masjid maka sama saja Anda sedang membangun sebuah rumah di surga. Lalu, apa dasarnya jika rutin ke masjid membantu Anda untuk membangun rumah di surga kelak? Nah, Anda bisa menyimak hadits berikut ini.

Dari Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu, di berkata, “aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membangun masjid ikhlas karena Allah maka Allah akan membangunkan baginya yang serupa dengannya di surga.” (HR. Muslim dalam Kitab al-Masajid wa Mawadhi’ as-Shalah).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa membangun sebuah masjid karena/untuk Allah walau seukuran sarang (kandang) burung atau lebih kecil dari itu, maka Allah akan membangunkan untuknya rumah di dalam surga.” (HR. Ibnu Majah dan Al-Baihaqi serta dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Shahih al-Jami’ no. 6128).

Demikian keutamaan yang bisa didapat jika Anda memakmurkan masjid untuk beribadah. Pastikan juga Anda membaca do’a keluar dan masuk masjid dengan benar.

Jika Anda tiba-tiba terbangun di malam hari karena mimpi buruk, segera baca do’a ketika mimpi buruk yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW.

Tinggalkan komentar