Do’a Pagi Hari

Pagi hari merupakan permulaan hari bagi Anda untuk memulai segala sesuatunya. Jangan lupa untuk mencatat apa saja hal yang akan Anda lakukan hari ini agar semua pekerjaan bisa berjalan dengan baik.

Selain itu, untuk bisa mendapatkan keberkahan dari Allah SWT pada pagi hari, bacalah do’a pagi hari sebelum Anda memulai segala aktivitas. Biasanya, do’a tersebut dibaca setelah melaksanakan sholat shubuh.

Berikut ini akan dijelaskan tentang do’a pagi hari untuk meminta rezeki, ilmu dan juga amal yang diterima.

Bacaan Do’a Pagi Hari

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu memanjatkan do’a di pagi hari khusus untuk para umatnya. Berikut lafadz dari do’a tersebut:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

Artinya: “Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.”

Tentunya, Nabi Muhammad SAW selalu mengajarkan umatnya untuk membaca do’a pagi hari setelah selesai melaksanakan sholat shubuh. Do’a tersebut ialah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as aluka ‘ilman naafi’aa wa rizqan toyyibaa wa ‘amalan mutaqabbalaa.

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik dan amal yang diterima.” (HR. Ibnu As-Sunni dan Ibnu Majah).

Tak hanya bisa mengamalkan do’a di atas, karena masih ada beberapa do’a lainnya yang bisa Anda amalkan.

Menurut Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu yang meriwayatkan beberapa do’a yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Belau menjelaskan tentang do’a yang bisa dibaca ketika pagi hari, seperti yang dikutip oleh Imam An-Nawawi, Al-Adzkar di halaman 63.

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allahumma bika ashbahnaa, wa buka amsainaa, wa bika nahyaa, wa bnika namuutu, wa ilaikan nusyuuru.

Artinya: “Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali.” (HR. Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan yang lainnya).

Selain bisa membaca do’a pagi hari, jangan lupa dilanjutkan dengan membaca dzikir. Hal ini karena dengan membaca do’a dan dzikir tersebut memiliki keutaamaan.

Seperti yang diriwayatkan Bukhari, “Barang siapa yang membacanya dengan yakin pada siang hari, lalu ia meninggal dunia pada malam harinya, niscaya ia masuk surga. Demikian pula jika dibaca pada pagi hari.”

Anda tidak hanya bisa membaca do’a singkat seperti pada penjelasan di atas. Menurut Imam An-Nawawi yang juga mengutip do’a pagi dari Rasulullah SAW, yang diriwayatkan oleh sahabat Ibnu Mas’ud dalam Sahih Muslim, ialah sebagai berikut:

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الملْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الملْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ

Ashbahnaa wa ashbahal mulku lillaahi wal hamdu lillaahi, laa ilaah illallahu wahdahu laa syariika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai’in qadiir. Rabbi, as’aluka khaira maa fi haadzihil lailata wa khaira maa ba’dahaa, wa a’uudzu bika min syarri maa fii haadzihil lailata wa khaira maa ba’dahaa. Rabbi, a’uudzu bika minal kasli wa suu’il kibari. A’uudzu bika min ‘adzaabin fin naari wa ‘adzaabin dil qabri.

Artinya: “Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu dari kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur.” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 64).

Setelah membaca do’a pagi hari seperti yang telah disampaikan di atas, maka bersegeralah untuk melakukan aktivitas seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Hal tersebut dijelaskan pada firman Allah SWT di dalam Al-Qur’an:

وَإِذْ غَدَوْتَ مِنْ أَهْلِكَ تُبَوِّئُ الْمُؤْمِنِينَ مَقَاعِدَ لِلْقِتَالِ وَاللّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Artinya: “Dan (ingatlah), ketika kamu berangkat pada pagi hari dari (rumah) keluargamu akan menempatkan para mukmin pada beberapa tempat untuk berperang.” (QS. Ali Imron [3]: 121).

Keutamaan Membaca Do’a dan Berdzikir pada Pagi Hari

Dengan banyak berdo’a dan berdzikir kepada Allah SWT, maka hal tersebut bisa mendekatkan seorang hamba kepada Tuhannya. Namun, keutamaan dari do’a pagi hari tak cukup sampai disitu saja. Ada beberapa keutamaan lainnya yang harus Anda ketahui.

Memberikan Keteangan Jiwa

Dengan selalu berdo’a dan berdzikir kepada Allah, maka hal tersebut bisa membuat jiwa menjadi lebih tenang.

“…Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenang.” (QS. Ar Ra’d: 28).

Membuka Pintu Rezeki

Berdo’a dan berdzikir akan membuat hati penuh dengan rasa syukur dengan segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Jika hati sudah dipenuhi dengan rasa syukur, maka rezeki bisa datang tak terduga dari arah yang tak disangka-sangka.

Menjadi Penghuni Surga

Siapa yang tidak ingin masuk surga? Tentunya semua orang ingin masuk ke dalam surga-Nya. Ternyata, membaca do’a dzikir pagi dan sore hari merupakan salah satu amalan yang bisa memasukkan Anda ke dalam surga Allah.

“Barangsiapa mengucapkan dzikir ini di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa yang mengucapkannya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum shubuh, maka ia termasuk penghuni surga.” (HR. BUkhari (7/150, no. 6306).

Mendapatkan Perlindungan Allah SWT

Segala aktivitas yang dilakukan di muka bumi ini harus senantiasa mengharap ridha serta beribadah kepada Allah SWT.

Oleh karena itu, untuk bisa menjalankan ibadah dengan hati yang bersih, maka harus terus berdzikir kepada Allah. Dengan begitu, Allah akan senantiasa memberikan perlindungan kepada siapa saja yang terus mengingat-Nya.

Baca Juga : Doa Pelipur Lara

Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Maukah kamu aku tunjukkan perbuatanmu yang terbaik, paling suci di sisi Rajamu (Allah), dan paling mengangkat derajatmu: lebih baik bagimu dari infak emas atau perak. Para sahabat yang hadir berkata, “Mau (wahai rassulullah)” Beliau bersabda, “Dzikir kepada Allah Yang Maha Tinggi.” (HR. At-Tirmidzi no. 3377).

Setelah membaca do’a pagi hari, selanjutnya pasti Anda akan melakukan berbagai macam aktivitas di hari tersebut dan diawali dengan mandi atau membersihkan diri.

Tinggalkan komentar