Do’a Rezeki Lancar

Setiap orang pasti menginginkan untuk mendapatkan rezeki yang lancar. Semua hal yang ada di dunia ini pastinya tidak terjadi begitu saja. Pasti ada campur tangan Allah di dalamnya. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk membaca do’a rezeki lancar.

Do’a tersebut merupakan bentuk permohonan kepada Allah SWT dan hanya berharap kepada Allah saja. Karena, semua yang terjadi di dunia ini sudah di atur oleh Allah SWT.

Satu hal yang harus diingat bahwa rezeki tidak hanya ada dalam bentuk harta saja. Namun, ada pula rezeki yang berbentuk kesehatan, keluarga yang harmonis, orang tua dan mertua yang baik, sahabat yang setia dan yang lainnya.

Hadits tentang Rezeki

Perkara rezeki, sudah Allah atur sejak kehidupan di alam semesta ini belum diciptakan. Bahkan, tidak hanya rezeki manusia saja, Allah SWT juga telah menjamin semua rezeki dari setiap makhluk-Nya baik itu hewan melata sekalipun.

Jadi, jika saat ini kita meragukan apakah bisa makan saat ini atau bisa membayar hutang saat ini, maka sama saja hal tersebut meragukan kekuasaan Allah SWT.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

كَتَبَ اللَّهُ مَقَادِيرَ الْخَلاَئِقِ قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ بِخَمْسِينَ أَلْفَ سَنَةٍ

Artinya: “Allah telah mencatat takdir setiap makhluk sebelum 50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi.” (HR. Muslim, no. 2653, dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash).

Tak hanya itu, ada pula hadits lain yang menyebutkan tentang perkara rezeki, yakni sebagai berikut.

إِنَّ أَوَّلَ مَا خَلَقَ اللَّهُ الْقَلَمَ فَقَالَ اكْتُبْ. فَقَالَ مَا أَكْتُبُ قَالَ اكْتُبِ الْقَدَرَ مَا كَانَ وَمَا هُوَ كَائِنٌ إِلَى الأَبَدِ

Artinya: “Sesungguhnya awal yang Allah ciptakan (setelah ‘arsy, air dan angin) adalah qalam (pena), kemudian Allah berfirman, “Tulislah”. Pena berkata, “Apa yang harus aku tulis.” Allah berfirman, “Tulislah takdir berbagai kejadian dan yang terjadi selamanya.” (HR. Tirmidzi no. 2155, Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits tersebut adalah hadits yang shahih).

Ibnu Qayyim juga pernah berkata:

“Fokuskanlah pikiranmu untuk memikirkan apapun yang diperintahkan Allah kepadamu. Jangan menyibukkan dengan rezeki yang sudah dijamin untukmu. Karena rezeki dan ajal adalah dua hal yang sudah dijamin, selama masih ada sisa ajal, rezeki pasti datang. Jika Allah dengan hikmah-Nya berkehendak menutup salah satu jalan rezekimu, Dia pasti dengan rahmat-Nya membukakan jalan lain yang lebih bermanfat bagimu.”

Do’a Melancarkan Rezeki

Meski rezeki sudah menjadi urusan Tuhan dan sudah diatur sejak ribuan tahun lamanya, namun sebagai manusia harus tetap berikhtiar untuk mendapatkan rezeki tersebut. Salah satu ikhtiar yang bisa dilakukan ialah dengan berdo’a kepada Allah SWT.

Di dalam Al-Qur’an, yakni surat Thaha, dikisahkan salah satu kisah nabi dan rasul yaitu Nabi Musa AS. Beliau memanjatkan do’a kepada Allah SWT karena akan berhadapan dengan raja yang sangat kejam dan keji pada waktu itu, yaitu Fir’aun.

Agar segala urusannya dimudahkan oleh Allah, Nabi Musa pun berdo’a:

rabbisyrahlii shadrii wayassyirlii amri wahlul uqdatam mil-lisaanii yafqahuu qauli.”

Artinya: “Ya Allah, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku dan lepaskanlah kekakuan lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.” (QS, Thaha, 25-28).

Terdapat 3 makna dan juga 3 permintaan yang ada di dalam do’a tersebut. Makna tersebut ialah:

  1. Meminta untuk diberikan kelapangan dada dari segala kesusahan yang harus dihadapi agar selalu sabar serta pasrah dengan takdir Allah SWT.
  2. Meminta untuk dihilangkan berbagai kesulitan yang ada di dalam hidup.
  3. Meminta untuk dilancarkan segala urusan yang akan dihadapi dan juga kemampuan untuk bertutur kata dengan kata yang baik dan mudah dipahami oleh orang lain.

Do’a Lancancar Rezeki Lainnya

Selain do’a tersebut, Anda juga bisa membaca do’a rezeki lancar berikut ini. Untuk do’a yang bisa bisa Anda baca sebelum berangkat kerja. Berikut lafadznya.

1

“Allahumma innii as’aluka min fadhlika wa athaa’ika rizkan thayyiban mubaarakan. Allahumma innaka amarta bid du’aa’I wa qadgaita alayya nafsaka bil istijaabah wa anta laa tukhlifu wa’daka wa laa tukadzzibu ahdaka. Allahumma ma ahbabta min khairan fa habbibhu ilaina wa yassirhu lanaa wa maa karahta min syaiin fa karihhu  ilaina, wa jannibnaahu wa laa tunzi’ annal islaam ba’da iz a’thaitanaa”.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku meminta keutamaan-Mu dan pemberian-Mu, rezki yang baik lagi berkah. Ya Allah, sesungguhnya Engkau memerintahkan untuk berdo’a dan memutuskan atasku pengabulan do’a, dan Engkau Zat Yang tidak melanggar janji dan tidak mendustainya. Ya Allah, tidak ada kebaikan yang Engkau sukai, kecuali Engkau jadikan kami mencintai kebaikan tersebut dan mudahkan kami mendapatkannya. Dan tidak ada sesuatu yang Engkau benci kecuali Engkau jadikan kami benci terhadap sesuatu tersebut dan jauhkanlah kami darinya. Dan janganlah Engkau cabut dari kami keislaman kami setelah Engkau berikan.”

2

Allahummak finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh niniy bi fadhlika ‘amman siwaak”.

Artinya: “Ya Allah, cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidi no. 3563. Al Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits tersebut hasan).

Baca Juga: Sholat Untuk Meminta Turun Hujan

3

“Allahummaghfirlii, warhmanii, wahdinii, wa ‘aafinii, warzuqnii”.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku.”

4

Allahumma ak tsir maali wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amaalii wagh fir lii.”

Artinya: “Ya Allah, perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.”

Dengan rutin membaca do’a-do’a tersebut terutama setiap paginya sebelum bekerja, insyaAllah Allah SWT akan memberikan kecukupan dengan rezekinya pada hari itu.

Membaca do’a rezeki lancar merupakan salah satu ikhtiar yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan rezeki yang berkah. Namun, juga harus diingat bahwa Allah SWT juga telah membagi rezeki setiap makhluk-Nya secara adil.

Allah SWT berfirman:

وَلَوْ بَسَطَ اللَّهُ الرِّزْقَ لِعِبَادِهِ لَبَغَوْا فِي الْأَرْضِ وَلَكِنْ يُنَزِّلُ بِقَدَرٍ مَا يَشَاءُ إِنَّهُ بِعِبَادِهِ خَبِيرٌ بَصِيرٌ

Artinya: “Dan jikalau Allah melapangkan rezeki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampui batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan apa yang dikehendaki-Nya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha Melihat.” (QS Asy Syuraa: 27).

Sebagai makhluk Allah SWT yang taat kepada-Nya, sejatinya harus percaya bahwa apa yang ada dunia ini sudah diatur dan Allah Maha tahu atas segala sesuatu yang dibutuhkan oleh hamba-Nya.

Oleh karena itu, jangan mudah berputus asa dari rahmat Allah, karena Allah pasti akan memberikannya di waktu yang tepat.

Demikian artikel mengenai do’a memperlancar rezeki, semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan komentar