Do’a Rumah Baru

Rumah merupakan tempat yang paling nyaman untuk keluarga ditengah kesibukan setiap masing-masing anggota keluarga.

Oleh karena itu, agar rumah terasa nyaman, aman dan tenteram saat ditinggali, maka harus dibacakan do’a rumah baru saat pertama kali menempati rumah tersebut.

Di Indonesia sendiri, terutama orang yang beragama Islam, terdapat satu kebiasaan dimana mereka akan melakukan syukuran ketika menempati rumah baru. Hal ini sebagai wujud syukur atas rezeki yang Allah berikan.

Do’a Menempati Rumah Baru

Ada beberapa do’a yang bisa Anda panjatkan saat menempati rumah baru. Do’a-do’a yang akan dipanjatkan ini tidak hanya agar dilindungi dari kejahatan manusia, namun juga godaan para makhluk halus yang bisa mengurangi keimanan para penghuninya.

1. Do’a Menurut Hadits Imam Muslim

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

A’uudzu bi kalimaatillahit taamaati min syarri maa khalaq.

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejelekan apa saja yang Dia ciptakan.”

Do’a tersebut bisa Anda panjatkan ketika menempati rumah baru ataupun pindah ke kontrakan yang baru. Dengan membaca do’a tersebut, Anda memohon kepada Allah untuk senantiasa dilindungi baik dari kejahatan manusia ataupun makhluk gaib.

Do’a tersebut juga sudah diriwayatkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dalam hadits berikut ini:

”Barang siapa yang singgah pada suatu tempat kemudian dia berdo’a “A’uudu bi kalimaatillahit taamaati min syarri maa khalaq.”

Niscaya, dengan membaca do’a tersebut, sesuatu yang berbahaya dari rumah itu akan pergi dan tidak akan membahayakan orang yang ada di dalamnya.

2. Do’a Menurut Hadits Abu Daud

 اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma innii as-aluka khairal mawlaji wa khairal makhraji bismillahi wa lajnaa wa bismillahi kharajnaa wa ‘alaallahi rabbanaa tawakkalnaa.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan rumah yang aku masuki dan kebaikan rumah yang aku tinggalkan. Dengan menyebut nama Allah aku masuk dan dengan menyebut nama Allah aku keluar dan kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakal.”

Do’a satu ini merupakan do’a yang dipanjatkan untuk bisa mendapatkan kebaikan dari rumah baru yang akan ditinggali. Jangan lupa juga, untuk selalu membaca basmalah dan menyebut nama Allah saat akan masuk ataupun keluar rumah.

3. Do’a Menurut Hatis Anas bin Malik

 مَا شَاء اللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Masya Allah laa quwwata illa billah.

Artinya: “Semua kehendak Allah tidak ada daya dan upaya kecuali dengan izin Allah.”

Do’a diatas bertujuan agar keluarga dan juga harta benda yang ada di dalamnya senantiasa dijaga dan dilindungi oleh Allah SWT. Do’a rumah baru tersebut juga untuk menghindari berbagai macam hal yang tidak diinginkan untuk terjadi.

4. Surat Al-Baqarah

Saat menempati rumah baru, pastinya Anda tidak mengetahui ada apa saja yang terdapat di rumah tersebut.

Salah satu gangguan yang kerap dihadapi oleh beberapa orang ialah adanya gangguan makhluk halus. Nah, surat Al-Baqarah merupakan salah satu surat yang sangat dianjurkan untuk dibaca di rumah. Karena, surat ini bisa mengusir setan yang ada di dalam rumah.

Anjuran ini sesuai dengan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang berbunyi:

إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ سَنَامًا وَسَنَامُ الْقُرْآنِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ، وَإِنَّ الشَّيْطَانَ إِذَا سَمِعَ سُورَةَ الْبَقَرَةِ تُقْرَأُ خَرَجَ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِي يُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

Artinya: “Sesungguhnya, segala sesuatu punya puncak, dan puncak Al-Qur’an adalah surat Al-Baqarah, dan sesungguhnya setan itu jika mendengar surat Al-Baqarah dibaca maka ia akan keluar dari rumah yang di dalamnya dibaca surat Al-Baqarah.”

5. Surat Al-Mu’minun Ayat 28-29

Di dalam Al-Qur’an, ada beberapa ayat yang bisa dijadikan sebagai do’a rumah baru dan untuk menghindari berbagai macam gangguan yang ada di dalam rumah tersebut.

Selain surat Al-Baqarah, ada juga surat Al-Mu’minun ayat 28-29. Di dalam surat tersebut dijelaskan bahwasanya rumah ialah tempat yang diberkati oleh Allah SWT.

Dari ayat-ayat tersebut, senantiasa kita harus bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Allah. Karena ini merupakan sebuah rezeki yang Allah SWT berikan.

Saat membaca surat ini, sebaiknya diawali dengan membaca surat Al-Fatihah terlebih dahulu sebanyak tiga kali.

Do’a tersebut bisa Anda baca pada pagi dan sora hari. Berikut ini adalah lafadz surat Al-Mu’minun ayat 28-29.

فَإِذَا اسْتَوَيْتَ أَنتَ وَمَن مَّعَكَ عَلَى الْفُلْكِ فَقُلِ الْحَمْدُ لِلهِ الَّذِي نَجَّانَا مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ * وَقُل رَّبِّ أَنزِلْنِي مُنزَلاً مُّبَارَكًا وَأَنتَ خَيْرُ الْمُنزِلِينَ

Artinya: “Bila kamu dan pengikutmu sudah di atas kapal, maka katakanlah, “Segala puji bagi Allah yang menyelamatkan kami dari kaum aniaya. “Katakanlah, “Tuhanku, tempatkan aku di tempat yang berkah karena Engkau sebaik-baik pemberi tempat.”

6. Surat Al-Iklhas

Urat Al-Iklhas merupakan surat yang sering dibaca sehari-hari. Apalagi, banyak orang yang membaca surat pendek ini dalam sholat mereka.

Sholat Al-Ikhlas memiliki banyak sekali keutamaan. Salah satunya ialah untuk mempermudah jalan pada umat-Nya untuk bisa meraih ridha Allah SWT.

Tak cukup sampai disitu, bahkan surat pendek ini juga bisa menjadi do’a yang dapat mempermudah rezeki di keluarga Anda, bahkan sampai ke tetangga. Jadi, walaupun merupakan suratan pendek, ternyata manfaatnya sangat banyak.

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ . اللَّهُ الصَّمَدُ . لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ . وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Qul huwallaahu ahad. Allaahus samad. Lam yalid wa lam yulad. Wa lam yakul laku kufuwan ahad.

Artinya: “Katakanlah (Muhammad), ‘Dialah Allah Yang Maha Esa, Allah tempat meminta segala sesuatu, (Allah) tidak beranak dan tidak juga diperanakkan, dan tidak ada sesuatu yang setara dengan-Nya.”

7. Surat Yasin

Surat Yasin menjadi salah satu surat yang memiliki banyak sekali keutamaan. Oleh karena itu, surat ini juga menjadi do’a rumah baru yang dibaca ketika rumah baru.

Yasin merupakan surat yang bisa membantu mempermudah segala urusan. Berbagai macam masalah hidup seperti keuangan, kesehatan, kehidupan sosial bisa diatasi dengan rutin membaca surat Yasin.

Nah, bagi Anda yang menghuni rumah baru, maka bacalah surat Yasin ini sebanyak 41 kali. Agar tidak berat, Anda bisa menyicilnya satu kali sehari.

Demikian do’a-do’a yang bisa Anda baca pada saat menempati rumah baru. Do’a rumah baru tersebut bisa Anda baca setiap hari agar senantiasa mendapat perlindungan dari Allah SWT dari segala mara bahaya.

Selain membaca do’a-do’a tersebut, jangan lupa juga untuk membaca do’a rezeki lancar. Do’a ini membantu Anda untuk bisa mendapatkan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

Memiliki rumah baru merupakan salah satu bentuk rezeki yang diberikan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, Anda harus senantiasa bersyukur kepada Allah SWT.

Jadikan rumah tersebut sebagai rumah yang menjadi saksi Anda masuk ke dalam surga, dengan terus diisi dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an dan kegiatan-kegiatan yang lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Laksanakan sholat 5 waktu yang menjadi kewajiban setiap umat muslim agar rumah baru yang Anda tinggali terhindar dari gangguan makhluk halus. Jangan lupa juga untuk melaksanakan sholat idul fitri yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali.

Tinggalkan komentar