Do’a untuk Anak

Setiap orang tua pasti ingin memiliki anak dengan tumbuh kembang yang baik, berprestasi dan mampu membanggakan kedua orang tuanya.

Namun, mendidik anak bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Selain harus sabar, Anda juga harus ulet dan memberikan contoh yang baik untuk tumbuh kembang anak.

Tak hanya itu, peran do’a dari orang tua juga sangat penting demi pertumbuhan anak. Inilah mengapa do’a untuk anak yang dibaca oleh orang tua terutama ibu menjadi salah satu do’a yang paling mustajab.

Hadist tentang Menyayangi dan Mendidik Anak

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu menyayangi anak anak dan mendidiknya untuk mengenal Allah SWT. Selain memberikan perilaku yang baik, Nabi SAW juga mendo’akan mereka dengan do’a-do’a yang baik.

Berikut hadits Rasulullah SAW yang menjelaskan betapa beliau sangat menyayangi anak-anak.

Dari Abu Hurairah RA berkata:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : كُنْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي سُوقٍ مِنْ أَسْوَاقِ المَدِينَةِ ، فَانْصَرَفَ فَانْصَرَفْتُ ، فَقَالَ : أَيْنَ لُكَعُ – ثَلاَثًا – ادْعُ الحَسَنَ بْنَ عَلِيٍّ . فَقَامَ الحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ يَمْشِي وَفِي عُنُقِهِ (وهو نوع من الطيب الصلب) ونحوه، وليس فيها من اللؤلؤ والجوهر شيء> السِّخَابُ ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِيَدِهِ هَكَذَا ، فَقَالَ الحَسَنُ بِيَدِهِ هَكَذَا ، فَالْتَزَمَهُ فَقَالَ : اللَّهُمَّ إِنِّي أُحِبُّهُ فَأَحِبَّهُ ، وَأَحِبَّ مَنْ يُحِبُّهُ

Artinya: “Saya pergi bersama Rasulullah SAW pada suatu waktu di siang hari tetapi dia tidak berbicara dengan saya dan saya tidak berbicara dengannya sampai dia mencapai Pasar Bani Qaiqa’. Dia kembali ke tenda Fatimah dan berkata, “Apakah orang kecil (Al-Hasan) di sana” Kami mendapat kesan ibunya telah menahannya untuk memandikan dan mendandaninnya dan menghiasinya dengan karangan bunga manis.

Tidak banyak waktu yang telah berlalu sampai di (Al-Hasan) datang berlari hingga keduanya saling berpelukan, kemudian Rasulullah SAW berkata, “Ya Allah, aku mencintainya, cintai dia dan cintai orang yang mencintainya.” (HR. Muslim).

Tak hanya itu, ada pula hadits yang diriwayatkan oleh Usamah ibn Zaid RA, dimana dalam hadits ini Rasulullah SAW menunjukkan sisi kemanusiannya dalam menyayangi dan mengasihi anak-anak.

عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ يَأْخُذُنِي فَيُقْعِدُنِي عَلَى فَخِذِهِ، وَيُقْعِدُ الحَسَنَ عَلَى فَخِذِهِ الأُخْرَى، ثُمَّ يَضُمُّهُمَا، ثُمَّ يَقُولُ: اللَّهُمَّ ارْحَمْهُمَا فَإِنِّي أَرْحَمُهُمَا

Artinya: “Rasulullah SAW dulu meletakkan saya di (salah satu) pahanya dan meletakkan Al-Hasan ibn Ali di pahanya yang lain, lalu memeluk kami dan berkata, “Ya Allah! Tolong kasihanilah mereka, karena saya berbelas kasihan kepada mereka.” (HR. Al-Bukhari).

Imam At-Tirmidzi dan imam Al-Hakim meriwayatkan sebuah hadits dari sahabat Amr bin Sa’id Asr RA, yaitu:

قَالَ النَّبِيُّ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {مَا نَحَلَ وَالِدٌ وَلَدَهُ أَفْضَلَ مِنْ أَدَبٍ حَسَنٍ}.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidak ada pemberian seorang ayah untuk anaknya yang lebih utama dari pada (pendidikan) tata krama yang baik.”

Diriwayatkan oleh imam At-Tirmidzi dari sahabat Jabir bin Samurah RA, yaitu:

وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: {لِأنْ يُؤَدِّبَ الرَّجُلُ وَلَدَهُ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أنْ يَتَصَدَّقَ بِصَاعٍ}.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. “Seseorang mendidik anaknya itu lebih baik baginya dari pada ia menshadaqahkan (setiap hari) stau sha.”

Bacaan Do’a untuk Anak

Ada beberapa bacaan do’a untuk anak yang bisa Anda panjatkan kepada Sang Maha Pencipta. Berikut beberapa bacaan do’anya.

Do’a Nabi Ibrahim

Do’a ini merupakan do’a Nabi Ibrahim AS kepada anaknya yaitu Ismail AS. Berikut adalah bacaan do’anya yang sudah tertulis di dalam Al-Qur’an:

رَبِّ ٱجعَلنِي مُقِيمَ ٱلصَّلَوةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّل دُعَاءِ

Robbij’alniy muqimash sholati wa min dzurriyyati robbana wa taqobbal du’a

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan sholat, ya Tuhan kami, perkenankanlah do’aku.” (QS. Ibrahim: 40).

Do’a Supaya Anak Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya berbakti kepada orang tuanya. Namun, di zaman seperti ini sudah jarang anak yang berbakti kepada orang tua mereka.

Akan tetapi, Anda bisa membaca do’a untuk anak berikut ini agar anak-anak berbakti kepada Anda.

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

Allahumma bariklii fii awladii, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho’atik, war zuqnii birrohum.

Artinya: “Ya Allah, berilah barokah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah hamba rezeki berupa bakti mereka.”

Baca Juga: Do’a Pelipur Lara

Do’a Supaya Anak Menjadi Pintar

Memiliki anak yang pintar merupakan dambaan bagi setiap orang tua. Untuk bisa memiliki anak yang pintar, Anda tidak hanya membekali mereka ilmu, namun juga harus mendoakan mereka.

Di bawah ini adalah bacaan do’a agar anak menjadi pintar:

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Allahumma la’ quluuba aulaadinaa nuuron wa hikmatan wa ahlihim liqobuuli ni’matin wa ashlihhum wa ashlih bihimul ummah.

Artinya: “Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”

Do’a Supaya Anak Menjadi Sholeh dan Sholehah

Salah satu hal yang bisa menyelamatkan Anda di akhirat ialah dengan memiliki anak yang sholeh dan sholehah. Untuk bisa mendapatkan anak yang memiliki akhlak mulia. Berikut bacaan do’a untuk anak yang bisa Anda panjatkan:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوْلَادَنَا أَوْلَادًا صَالِحِيْنَ حَافِظِيْنَ لِلْقُرْآنِ وَالسُّنَّةِ فُقَهَاءَ فِى الدِّيْنِ مُبَارَكًا حَيَاتُهُمْ فِى الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

Allahummaj’al awladana awladan sholihiin haafizna lil qur’ani wa sunnati fuqoha fid diin mubarokan hayatuhum fid dun yaw al akhirah.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholeh sholehah, orang-orang yang hafal Al-Qur’an dan Sunnah, orang-orang yang paham dalam agama dibarokahi kehidupan mereka di dunia dan di akhirat.”

Do’a Supaya Anak Diberikan Perlindungan

Do’a satu ini bisa melindungan anak dari berbagai macam bahaya yang menimpa mereka.

أُعِيْذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

U’idzukuma bi kalimaatillaahit taamaati min kulli syaithaanin wa haammatin wa min kulli ‘aynain laammah.

Artinya: “Aku melindungi kalian berdua dengan kalimat Allah yang sempurna dari segala setan, hewan melata dan segala penyakit ‘ain yang ditimbulkan mata jahat.” (HR. Abu Daud).

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Oleh karena itu Anda bisa membaca do’a untuk anak di atas agar anak senantiasa mendapat keberkahan dan lindungan dari Allah SWT.

Demikian pembahasan mengenai do’a untuk anak semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan komentar