Sholat Sunah Wudhu

Tata Cara Melaksanakan Sholat Sunah Wudhu dengan Imbalan Surga dari Allah SWT


Tahukah Anda, bahwa setelah menyempurkan wudhu maka disunnahkan untuk melaksanakan sholat sunah wudhu. Sholat sunah yang satu ini tentu memiliki keutamaan yang sangat sayang untuk Anda lewatkan.

Dalam pengerjaannya pun sangat mudah untuk dilakukan. Nah, bagi Anda yang belum paham apa itu sholat sunah wudhu dan bagaimana tata cara pelaksanaannya, berikut akan dijelaskan tentang sholat sunah tersebut lengkap dengan do’a dan keutamaannya.

Pengertian Sholat Sunah Wudhu

Sholat sunah wudhu adalah sholat yang dilakukan setelah menyempurnakan wudhu. Sholat sunnah ini dilaksakan sebanyak dua rakaat.

Meski hanya dilakukan sebanyak dua rakaat saja, namun pahala dan ganjaran yang bisa Anda dapatkan jika  bisa istiqomah dan ikhlas dalam mengerjakannya ialah surga. Hal tersebut dijelaskan dalam sebuah hadits Rasulullah SAW.

“Wahai Bilal! Sampaikanlah kepadaku amal shahih yang kamu kerjakan dan paling diharapkan manfaatnya (di sisi Allah SWT) dalam Islam, karena sesungguhnya tadi malam (dalam mimpi) aku mendengar suara sendalmu (langkah kakimu) di depanku di dalam Surga.” Maka Bilal Radhiyallahuanhu berkata, “Tidaklah aku mengamalkan satu amal shalih dalam Islam yang paling aku harapkan manfaatkanya (di sisi Allah SWT) lebih dari (amalan ini yaitu) tidaklah aku berwudhu dengan sempurna pada waktu malam atau siang, kecuali aku mengerjakan sholat dengan wudhu itu sesuai dengan apa yang ditetapkan Allah bagiku untuk aku kerjakan.”

Hukum Sholat Sunah Wudhu

Hukum dari sholat sunnah wudhu ini ialah disyariatkan agar dikerjakan (masru’ah). Oleh karenanya, seperti pada hadits yang sudah dijelaskan di atas, bahwa akan sangat sayang untuk dilewatkan, karena imbalan dari mengerjakan sholat sunah ini ialah surga.

Tata Cara Sholat Sunah Wudhu

Sholat sunah wudhu paling tidak dilakukan satu kali sehari setelah wudhu yang Anda lakukan sempurna. Untuk pelaksanaannya sendiri, dikerjakan sebelum melaksanakan sholat fardhu maupun sholat sunnah.

Untuk tata cara dari sholat sunah yang satu ini pun sama seperti beberapa sholat sunah lainnya. Namun, yang membedakannya ada pada niat dari sholat tersebut. Sholat sunah wudhu pun hanya dilakukan sebanyak dua rakaat.

Berikut tata cara sholat sunah wudhu yang wajib untuk Anda pahami.

  1. Membaca Niat
    Ushallii sunnatal wudhuu-I rak’ataini lillaahi ta’aalaa
    Artinya: “Saya niat sholat sunah wudhu dua rakaat karena Allah Ta’ala.”
  2. Takbiratul ihrom.
  3. Membaca surat Al-Fatihah.
  4. Membaca suratan pendek yang ada dalam Al-Qur’an, namun diutamakan untuk membaca surat Al-Kafirun.
  5. Ruku’ dengan tuma’ninah.
  6. I’tidal.
  7. Sujud pertama dengan tuma’ninah.
  8. Duduk di antara dua sujud.
  9. Sujud kedua dengan tuma’ninah.
  10. Berdiri kembali untuk melaksanakan rakaat kedua.
  11. Pada rakaat kedua setelah membaca surat Al-Fatihah maka dilanjut dengan membaca suratan pendek yaitu Al-Ikhlas.
  12. Untuk gerakannya sama seperti gerakan pada rakaat pertama.
  13. Tahiyat akhir.
  14. Salam.

Sholat sunah wudhu tentunya sangat mudah untuk dikerjakan. Terlebih, jumlah rakaatnya hanya ada dua rakaat saja.

Baca Juga: Tata Cara Sholat Istisqho

Do’a  Sholat Sunah Wudhu

Setelah selesai salam, maka jangan lupa untuk membaca dzikir pendek dan juga berdo’a. Bacaan dzikir dan do’a dari sholat sunah ini pun sangat mudah untuk dilafalkan. Berikut penjelasannya.

  • Bacaan Dzikir Setelah Sholat Sunah Wudhu
  • Subhaanallaah wabihamdih, subhaanallaahil’adzim (dibaca sebanyak 3X)
    Artinya: “Maha suci Allah dan aku memuji kepada-Nya, Maha Suci Allah Yang Maha Agung.
  • Allahu Akbar (dibaca sebanyak 3X)
    Artinya: “Allah Maha Besar”.
  • Alhamdulillaah (dibaca sebanyak 3X)
    Artinya: “Segala Puji bagi Allah.”
  • Laa ilaaha illaallaah (dibaca sebanyak 3X)
    Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah.”
  • Laa ilaaha illallaah, wahdahuu laa syarikalah, lahul mulku walahul hamdu yuhii wa yumiitu wa huwa ‘alaa kulli syai-in qadiir (dibaca sebanyak 1X)

    Artinya: “ Tiada Tuan kecuali Allah, Tuhan Yang Maha Esa, Tiada yang menyekutukan-Nya, Bagi-Nya kerajaan dan puji, yang menghidupan dan yang mematikan. Dia berkuasa atas semua sesuatu.
  • Astaghfirullaahal’azhiim (dibaca sebanyak 3X)
    Artinya: “Saya memohon ampunan Allah Yang Maha Agung.”
  • Rabbighfirlii warhamnii watub ‘alayya
    Artinya: “Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan berilah rahmat kepadaku dan terimalah tobatku.
  • Shalawat Nur
    Allaahumma shalli ‘alaa nuuril anwaar, wasirril asraar, watiryaaqil aghyaar, wamiftaahi baabil yasaar, sayyidinaa muhammadinil mukhtaae wa aalihil ath-haar, wa ash-haabihil akhyaar, ‘adada ni’ amillaahi wa ifdhaalih.

    Artinya: “Ya Allah limpahkanlah shalawat atas cahaya segala cahaya, rahasia di antara segala rahasia, penawar duka, dan pembuka pintu kemudahan, Sayyidina Muhammad, manusia pilihan; juga kepada keluarganya yang suci dan sahabatnya yang terpilih, sebanyak jumlah kenikmatan Allah dan karunia-Nya.
  • Do’a Sholat Sunnah Wudhu
    Allahumma al himnii rusydii wa a’idzinii min syarri nafsii (dibaca sebanyak 3X)
    Artinya: “Ya Allah ya Tuhan kami, ilhamilah aku dengan kebijaksanaan/kecerdasan/kemudahan (tidak pikun) dan hindarilah aku dari nafsu-nafsu (keinginan-keinginan) yang jelek.

Keutamaan Sholat Sunah Wudhu

Seperti sholat sunah lain yakni sholat gerhana atau yang lainnya, sholat sunnah ini memiliki beberapa keutaaman.

Hal inilah yang menjadikan sholat sunnah wudhu sangat disayangkan untuk Anda tinggalkan. Apa saja keutamaan yang dimilikinya?

Diberikan tempat terindah oleh Allah SWT

Keutamaan pertama yang bisa Anda dapatkan jika melaksanakan sholat sunah ini ialah Allah SWT berjanji akan memasukkan setiap hamba yang mengerjakan sholat sunah wudhu dengan istiqomah dan senantiasa menjaga wudhu setiap waktu ke dalam surga-Nya.

Hal tersebut sudah dijelaskan dalam sebuah hadits yang memiliki arti:

“Tidaklah seseorang berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, lalu sholat dua rakaat dengan sepenuh hati dan jiwa melainkan wajib baginya (mendapatkan) surga.” (HR. Muslim, no. 234).

Jika sholat sunah wudhu dilaksanakan dengan ikhlas tanpa paksanaa, maka Allah SWT ridho kepada hamba yang beribadah kepada-Nya. Saat Allah sudah ridho, maka Anda akan mendapatkan surga-Nya.

Allah SWT akan memberikan ampunan

Keutamaan yang kedua ialah Allah SWT akan memberikan ampunan kepada siapa saja yang melaksanakan sholat tersebut dengan ikhlas dan tetap menjaga wudhunya.

Keutamaan ini berdasarkan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, yaitu:

“Bahwa Humran mantan budak ‘Utsman mengabarkan kepadanya, bahwa ia telah melihat ‘Utsman bin ‘Affan minta untuk diambilkan bejana (berisi air). Lalu dia menuangkan pada telapak tangannya tiga kali lalu membasuh keduanya, lalu ia memasukkan tangan kanannya ke dalam bejana lalu berkumur-kumur dan memasukkan air ke dalam hidung, kemudian membasuh wajahnya tiga kali, kemudian membasuh kedua tangan hingga siku tiga kali, kemudian mengusap kepala, kemudian membasuh kedua kakinya tiga kali hingga kedua mata kaki. Setelah itu ia berkata. “Rasulullah shallallahu ‘alahi wassallam bersabda: “Barangsiapa berwudhu seperti wudhuku ini lalu mendirikan sholat dua rakaat, yang pada sholatnya dia tidak berbicara pada dirinya sendiri (yakni mendirikannya dengan khusyuk) niscaya Allah SWT akan memberikan ampunan kepadanya atas dosa-dosanya yang lalu.” (Hadits riwayat Imam Al-Bukhari).

Memberikan surga kepada orang-orang yang ikhlas menjalankan sholat sunnah wudhu

Allah SWT sudah berjanji bahwa imbalan untuk orang-orang yang sudah ikhlas dalam hatinya dalam melaksanakan sholat sunah wudhu ini ialah surga.

Itulah tata cara untuk melaksanakan sholat sunah wudhu yang dianjurkan untuk dilaksanakan. Lakukanlah dengan ikhlas dengan mengharap ridho Allah SWT agar senantiasa mendapat limpahan rahmat-Nya.

Tinggalkan komentar