Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah jalan keluar bagi Anda yang ingin dikabulkan segala hajat. Rutin melaksanakan sholat tahajud dapat meninggikan derajat seseorang.

Tak hanya itu, bagi mereka yang rutin melaksanakan sholat sunnah satu ini, maka akan dilindungi dari berbagai mara bahaya serta orang yang ingin mencelakainya. Orang yang senantiasa menghidupkan malam dengan sholat tahajud pun mendapatkan keuntungan yang banyak di akhirat.

Mengenal Sholat Tahajud

Pengertian sholat tahajud ialah sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari, namun untuk pengerjaanya dilakukan setelah tidur.

Sholat sunnah yang satu ini merupakan sholat yang sangat istimewa. Karena, bagi siapa saja yang rutin mengerjakannya maka ia akan mendapatkan tempat yang terpuji di mata Allah SWT.

Bagi orang-orang yang lalai, tentu melaksanakan sholat tahajud adalah hal yang sangat berat. Terlebih, godaan untuk melaksanakan sholat yang satu ini sangatlah berat, karena sholat tersebut hanya boleh dilakukan di malam hari setelah tidur.

Namun, barang siapa yang bisa melewati semua godaan tersebut maka ia akan mendapatkan pahala yang banyak serta senantiasa dalam lindungan Allah SWT.

Perintah dari sholat tahajud sendiri sudah tertera dalam Al’Qur’an Surat Al-Isra ayat 79, yakni:

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

Artinya: “Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”

Waktu Mengerjakan Sholat Tahajud

Sebenarnya, sholat sunnah yang satu ini bisa dikerjakan kapanpun setelah waktu isya’ sampai dengan masuknya shubuh.

Akan tetapi, waktu yang sangat dianjurkan untuk melaksanakan sholat tahajud ialah pada sepertiga malam terakhir. Waktu sholat tahajud tersebut sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin melangitkan segala hajat.

Lalu, kapan waktu sepertiga malam terakhir itu? Waktu tersebut setelah tengah malam sampai masuknya waktu shubuh.

Hal ini dijelaskan pada sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadits shahih yang berbunyi:

Rasulullah bersabda, “Waktu paling dekat antara Rabb dengan hamba-Nya adalah pada separuh malam terakhir. Karenanya jika kamu dapat menjadi salah satu orang yang mengingat Allah, maka lakukanlah.” (HR. Tirmidzi dan Nasa’i).

Tata Cara Mengerjakan Sholat Tajahud

Tidak seperti sholat rawatib atau sholat sunnah yang lainnya. Pelaksanaan sholat qiyamul lail ini dilakukan pada malam hari setelah tidur.

Nah, untuk lebih jelasnya tentang tata cara sholat tahajud, berikut penjelasannya.

  • Tidur Terlebih Dahulu

Sholat malam akan disebut sebagai sholat tahajud jika memenuhi syarat yakni dilakukan setelah orang tersebut bangun dari tidur malamnya. Meskipun tidur yang dilakukan hanyalah sebentar.

Pernyataan tersebut dilansir pada buku Risalah Tuntunan Sholat Lengkap oleh Drs. Moh Rifai. Jadi, jika seseorang mengerjakan sholat tajahud namun belum tidur malam, maka sholat tersebut sama seperti sholat sunnah pada umumnya yakni sholat witir atau yang lainnya.

  • Membaca Niat Sholat Tahajud

Jangan lupa juga untuk membaca niat sebelum memualai sholat tahajud. Niat tersebut boleh dilafalkan ataupun dibaca dalam hati. Berikut bunyi niat sholat sunnah tahajud.

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

“Ushalli sunnata tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla”

Artinya: Aku niat sholat sunnah tahajud 2 rakaat menghadap qiblat, karena Allah Ta’ala.

  • Lakukan Gerakan Sholat Tahajud seperti Sholat Sunnah pada umumnya

Tentunya Anda sudah hafal dengan gerakan sholat sunnah 2 rakaat pada umumnya bukan? Yakni dimulai dengan takbirotul ihram dan diakhiri dengan salam.

Untuk bacaan surat pendeknya sendiri bebas, asal dibaca dengan baik dan benar.

Nah, bagi Anda yang ingin melaksanakan sholat tahajud sebanyak 11 rakaat, maka sholat dilakukan dengan 2 rakaat, 2 rakaat (kerjakan 2 rakaat sebanyak 4 kali), setelah itu ditutup dengan melaksanakan sholat witir 3 rakaat.

Membaca Do’a Sholat Setelah Tahajud

Jika Anda sudah melaksanakan sholat tahajud dengan tata cara seperti di atas, maka setelah salam jangan lupa untuk membaca do’a setelah sholat tahajud.

Berikut ini do’a sholat tahajud yang ada di dalam buku “Dahsyatnya Tahajud, Shubuh dan Dhuha: Keberkahan Bangun Pagi” oleh Adnan Tarsyah.

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ

“Allahumma lakalhamdu annta nuurussamaawaati wal’ardhi wa manfiihina wa lakalhamdu annta, wa lakalhamdu annta qayyimussamaawaati wal’ardhi wa manfiihinna, wa lakalhamdu annta rabbussamaawaati wal’ardhi wa manfiihinna.

Wal lakalhamdu annta mulkussamaawaati wal’ardhi wa manfiihinna, wa lakalhamdu annta malikussamaawaati wal’ardhi wa manfiihinna wa lakalhamdu anntalhaqq wa wa’dukalhaqq, wa liqaa’uka haqq, wa qauluka haqq, waljannatu haqq, wannaaru haqq, wannabiyuuna haqq, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wa sallam haqq, wassaa’atu haqq.

Allahumma laka aslamtu wa ‘alaika tawakkaltu wa bika aamanntu wa ilaika anabtu wa bika khaashuamtu wa ilaika haakamtu fagfirlii maa qaddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu, anntalmuqaddimu wa anntalmu’akhkhiru laa ilaaha illaa annta anta ilaahii laa illaa annta.

Artinya: Ya Allah, Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya.

Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya.
Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, surga adalah benar (ada), neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari- Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar.

Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum.

Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau.

Dalam pelaksanannya, sholat tahajud bisa Anda iringi dengan sholat hajat.

Keistimewaan Sholat Tajahud

Ada beberapa keutamaan/manfaat sholat tahajud yang wajib untuk Anda ketahui. Berikut keutamaan-keutamaannya.

  1. Sholat sunnah yang paling utama jika dibandingkan dengan sholat sunnah lainnya.
  2. Menolak datangnya penyakit ke dalam tubuh.
  3. Kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang shaleh.
  4. Do’a dikabulkan oleh Allah SWT.
  5. Untuk mencegah dan juga menghapus dosa yang telah lalu.
  6. Sebagai jembatan untuk masuk ke dalam surga.
  7. Menjaga kesehatan rohani.
  8. Sebagai amalan yang akan membantu di akhirat.

Jadi, dengan adanya berbagai macam keutamaan dari sholat tahajud ini apakah Anda masih ingin menyia-nyiakannya dan lebih memilih terlena dalam tidur yang lelap?

Tinggalkan komentar